Jumat, 22 Agustus 2014

MESKI ADA AKTIVITAS PENGEBORAN MIGAS, TRAGEDI LAPINDO TIDAK AKAN TERJADI DI BARITO UTARA



Peta Wilayah Kerja Salamander Energy

Muara Teweh, SBO,- Meski ada aktivitas pengeboran yang dilakukan oleh Salamander Energy di wilayah Kabupaten Barito Utara selama ini, namun warga tidak perlu khawatir, karena tragedy Lapindo tidak akan terjadi di daerah ini, pernyataan tersebut dikemukakan  oleh M. H. Manullang manajer VP HR & GA Salamander  Energy, Rabu (20/8) pagi pada acara media gathering yang berlangsung di hotel JnB, jalan Pramuka No 3 Muara Teweh.

Manullang mengemukakan hal tersebut menjawab pertanyaan salah seorang jurnalis peserta media gathering yang menyampaikan kekhawatiran beberapa warga terhadap kegiatan pengeboran minyak dan gas yang dilakukan perusahaan multy nasional tersebut di daerah ini, warga mengkhawaitran tragedy di Sidoarjo terulang di daerah ini.
Lebih jauh Manulang menjelaskan, Salamander Energy perusahaan pengeboran minyak dan tegas  yang sudah sangat berpengelaman dibidang ini, tidak akan melakukan pengeboran dengan cara sembarangan, “Kita punya banyak tenaga ahli, para engener yang sangat berpengalaman dibidang pengeboran minyak”. Kata Manullang.
 Lagi pula menurut pejabat senior Salamander Energy itu, sebelum melakukan pengeboran dilapangan pihaknya selalu berkonsultasi dengan para ahli di SKK Migas, guna mendiskusikan hal-hal penting yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan saat melakukan pengeboran dilapangan,  diantaranya dalam hal penggunaan pipa saat pengeboran. Semua hal teknis tadi dimasukan dalam prosedur tetap yang harus dilakukan.
 Selain itu,  pihaknya selalu mempelajari semua pengalaman-pengelaman pada kegiatan pengeboran baik yang dilakukan oleh Salamander  Energy sendiri, maupun oleh perusahaan pengeboran minyak dan gas lainnya, termasuk kasus pengeboran yang menyebabkan tragedy Lapindo, agar kasus-kasus serupa tidak terjadi.
Menurut dia, hal ini sangat penting karena tidak ada satupun perusahaan yang menginginkan kasus serupa terjadi, sebab bila sampai terjadi perusahaan akan menderita kerugian yang sangat besar, oleh karena itu ia mengatakan warga daerah ini tidak perlu khawatir,tragedy Lapinda tidak akan terjadi di daerah ini.
Salamander Energy (Bangkanai) Limited perusahaan pengoboran minyak dan gas  yang beroperasi di Bengkanai, wilayah Desa Karendan, Kecamatan Lahei kabupaten Barito Utara provinsi Kalimantan Tengah satu-satu perusahaan multi nasional yang berhasil menemukan sumur gas di daerah ini.(j/1)