Sabtu, 17 Januari 2015

WARGA BAOK PERTANYAKAN FEE DARI PT INDEXIM

LAMPEONG,- Seputar Barito Online,- Sejumlah warga dan tokoh masyarakat desa Baok, Kecamatan Gunung Purei, Barito Utara, Kalteng mempertanyakan konpensasi atau fee dari PT Indexim Utama atas eksploitasi kayu di wilayah desa tersebut  yang hingga sekarang belum mereka terima.
Salah seorang tokoh warga desa tersebut Jempo (40 th)  ia mendapat info kalau konpensasi tersebut sudah dibayar oleh pihak perusahaan, akan tetapi nyatanya warga desanya belum menerima dana tersebut.
Sementara warga menilai pihak perusahaan HPH PT Indexim Utama terkesan tidak transeparan tentang pembayaran fee tersebut, hal ini yang menyebabkan warga kecewa terhadap manajemen perusahaan yang memiliki base camp di Kabupaten Barito Selatan tersebut. 
Menurut Jempo, persoalan ini tidak semestinya terjadi kalau pihak perusahaan transeparan kepada warga, hingga kini pihaknya tidak mengetahui pasti berapa meter kubik volume kayu dari wilayah desa mereka yang telah ditebang perusahaan tersebut, demikian pula jumlah fee yang harus dibayar oleh perusahaan PT Indexim Utama kepada desa Baok.
Tokoh masyarakat adat desa Baok tersebut sangat mengharapkan pengalaman yang pernah terjadi pada tahun 2013 yang lalu mestinya tidak terjadi lagi pada pembayaran fee tahun 2014.  Sayangnya ketika hal ini ingin redaksi konfirmasikan dengan pihak PT Indexim Utama, pimpinan perusahaan tersebut tidak dapat dihubungi. (jn/j1)