Minggu, 02 Agustus 2015

PILGUB KALTENG 2015 PERTARUNGAN TIGA PENJURU

PALANGKA RAYA,-Seputar Barito Online,- Prosesi Pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah priode 2015-2020 melalui Pilkada Serentak telah dimulai, ditandai dengan pendaftaran para bakal calon pada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (28/7) pekan lalu.
Willy M Yoseph
Hingga akhir masa pendaftaran terdapat tiga pasang bakal calon Gubernur yang mendaftarkan diri, mereka adalah pasangan Ujang Iskandar – Jawawi diusung Nasdem PAN,PPP, Willy M Yosef – Wahyudi K Anwar diusung PDI-P dan Sugianto Sabran – Habib Yahya Ismail diusung Gerindra dan sederetan partai koalisi Merah Putih.
Para pengamat di Palangkaraya memprediksi, pertarungan ketiga kandidat itu nanti bakal sengit dan sangat menarik, karena merupakan pertarungan tiga penjuru. Disebutkan, pasangan antara Ujang Iskandar dan Sugianto merupakan rival babuyutan sejak Pilkada Kotawaringin Barat yang akhirnya dimenangkan oleh Ujang melalui putusan Mahkaman Konstitusi (MK), keputusan mana berbuntut panjang hingga menyerat pengacara Ujang saat perkara di MK Bambang Wijianto  wakil ketua KPK menjadi tersangka oleh Mabes Polri, konon kasus inipun hingga sekarang masih bergulir.
Ujang Iskandar
Selain itu pertarungan ketiga pasang kandidat tersebut juga diprediksikan sangat sengit, pasangan Willy – Wahyudi berhadapan dengan Sugianto – Habib yang dimotori oleh Gerindra yang memiliki mesin politik yang handal hingga ke desa-desa, pertarungan ini bakal mengulangi pertarungan Koalisi Merah Putih (KMP) dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pada Pilpres yang lalu. Pertarungan ini juga merupakan ujian bagi soliditas PDI-P selaku partai pengusung Willy – Wahyudi. 

Sugianto
Lantaran itu, siapa yang bakal keluar sebagai pemenang dari pertarungan tiga penjuru tersebut nampaknya terlalu dini diprediksi saat ini, karena ketiganya belum mengeluarkan jurus-jurus pemungkas mereka melalui kampanye nanti. (j/1)