Minggu, 01 November 2015

RATUSAN HEKTAR KEBUN KARET WARGA TEWEH SELATAN TERBAKAR

TERBAKAR, ratusan ha karet warga di  Teweh Selatan terbakar
MUARA TEWEH, Seputar Barito Online,- Ratusan hektar kebun karet warga yang terdapat di belasan desa di kecamatan Teweh Selatan,
Kabupaten Barito Utara, pekan tadi terbakar.
Diantaranya puluhan hektar kebun karet produktif  yang menjadi sumber penghasilan warga desa Bintang Ninggi ikut terbakar dalam kebakaran lahan tersebut. Hal ini dikemukan Arwani Plt Kepala Desa Bintang Ninggi I, kepada Seputar Barito Online Ahad (1/11) siang saat dihubungi melalui telepon selulernya.
Menurut Arwani, selama sepeken kemarin api melalap sejumlah kawasan di wilayah desanya, baik yang berada dibagian belakang kampung maupun yang berada diseberang kampung tersebut.
Menurut dia, sumber api  yang merembet ke kebun karet warga tadi masih sulit ditentukan, namun ia mendapat laporan ada dugaan akibar dari keteledoran salah seorang oknum warga yang secara sengaja membakar lahan untuk perkebunan sawit. Akan tetapi tentang hal ini masih merupakan dugaan saja, karena yang bersangkutan tidak mengakuinya, akan tetapi menurut dia ada warga yang merupakan orang suruhan oknum tadi yang diketahui warga melakukan pembakaran.
Selain itu menurut Kades tersebut, ada juga sumber api yang berasal dari rambatan api yang diduga dari kebun lahan sawit yang ada disekitar wilayah desanya. (j1/)