Minggu, 31 Juli 2016

BUPATI KUTAI BARAT FX YAPAN, SH KUNJUNGI BARUT

Bupati Kutai Barat Kaltim FX Yapan,SH (Paling Kanan mengenakan batik merah, didampingi Sugianto, SH  Asisten I Setda Barut (Tengah) dan Drs Jonio Suharto, M.IP Ketua DAD Barut (Paling kiri),
MUARA TEWEH,- SBO,- Bupati Kutai Barat Kalimanta Timur  FX Yapan, SH pekan lalu mengunjungi tanah leluhurnya Barito Utara, Kalimantan Tengah. Bersama tidak kurang dari 300 orang rombongan yang terdiri dari para Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan para tim pemenangannya pada Pilkada langsung yang baru lalu dimana FX Yapan, SH terplih sebagai pemenangnya.
Satu hal yang menarik dari kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Kutai Barat tersebut adalah mengunjungi dan bermalam di desa Pendreh kurang lebih 20 km selatan kota Muara Teweh ibukota kabupaten Barito Utara. di desa leluhurnya tersebut FX Yapan selain bersilaturahmi dalam ritual adat Dayak juga ia menampilkan kesenian khas Kutai Barat dimana para penari, pemusiknya dibawa dari Kutai Barat.  FX Yapan adalah keturunan dari Singa Atak yang mana dahulu berasal dari desa Pendreh, Bintang Ninggi dan Jingah.
Selain melakukan kunjungan kekeluargaan di desa Pendreh FX Yapan dan rombongan juga menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun ke 66 Kabupaten Barito Utara serta acara ramah tamah dengan Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran yang berlangsung di Balai Antang Jl. A Yani Muara Teweh.   Namun demikian, kunjungan FX Yapan ini ternyata sedikit mengecewakan bagi ribuan warga desa Bintang Ninggi yang sebelumnya dijadualkan ia kungjungi, tiba-tiba dibatalkan karena padatnya acara yang harus FX Yapan hadiri di Muara Teweh maupun di desa Pendreh. Ketua Adat Desa Bintang Ninggi Bio Olo mengharapkan pada kesempatan berikutnya FX Yapan menyediakan waktu untuk mengunjungi masyarakatnya di desa Bintang Ninggi. (MK1)