Jumat, 01 Agustus 2014

MENCERMATI GELIAT SEKTOR PARIWISATA KOTA BANJARBARU

Kareta Kuda di Minggu Raya Banjabaru
Banjarbaru, SBO,- Dapat diacungkan jempot kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru dalam mengembangkan potensi pariwisatanya, Betapa tidak, Pemkota Banjarbaru cerdik dalam mengarahkan kebijaksanaan pembangunan pariwisatanya.
Posisi kota yang sangat strategis sangat mendukung sektor pariwisatanya, kota Banjar Baru merupakan kota lintasan, ratusan ribu orang setiap harinya melintasi kota ini, mereka membutuhkan kuriner, perbankan, jajanan, wisata belanja dan tempat hiburan sekedar untuk menghilangkan penat sekalian berhibur di kota ini.
Pewarta media ini pekan lalu melakukan kunjungan ke kota ini, walaupun tidak semua pojok kota ini sempat disambangi, akan tetapi sebagian besar kota ini memang tertata dengan baik untuk menjawab tantangan pembangunan sektor
Bundaran Banjarbaru
pariwisata yang saat ini tampak menggeliat meninggalkan kota lain disekitarnya.
Sarana yang tersedia sudah sangat memadai, sejumlah hotel tampak berderetan dikanan kiri jalan protokal kota, demikian juga bank, restoran siap saji, museum sampai dengan mall pun tersedia di kota ini. Selain itu yang tidak kalah menariknya adalah sektor pariwisata yang langsung memberdayakan masyarakat, yaitu pusat jajanan rakyat "Minggu Raya", yang merupakan tempat favorit warga kota bahkan masyarakat luar kota yang melintas di kota ini tampak selalu menyambangi kawasan Minggu Raya.


Minggu Raya memang sudah lama terkenal, namun kawasan seluas kurang lebih 10 hektar tersebut kini semakin tertata rapi, puluhan warung yang menawarkan kuriner lokal khas daerah Kalimantan Selatan tampak berderetan, tidak hanya kuriner yang disediakan ditempat wisata ini, juga menyediakan sarana hiburan berupa kareta odong-odong dan kareta kuda yang tentunya sangat digemari oleh anak-anak.
Berbeda dengan yang mungkin pernah Anda temukan di obyek wisata lain, di Minggu Raya kareta kuda yang ada hanya menggunakan kuda "mini" bukan kuda pacuan seperti yang dimiliki oleh Bapak Prabowo Subianto. Dengan mengeluarkan kocek hanya Rp. 5.000,- saja Anda sudah dapat mengelilingi kawasan Minggu Raya dengan naik kareta kuda ala koboy era tujuh puluhan, biasanya sekalian berfose ala bintang Hollywood.
Hal lain yang mengenakan para pengunjung di kawasan wisata kota ini adalah tertatanya taman serta disediakannya fasilitas umum berupa toilet dan tempat bermain serta bangku tempat duduk-duduk sambil menikmati jajanan yang banyak sekali ditawarkan dengan harga relatif murah, demikian juga warung-warung menawarkan kuriner khas mereka dengan harga yang wajar dan rasanya enak serta khas.
Salah satu hal yang masih dirasakan perlu peningkatan adalah pengaturan tempat parkir agar tidak ada pengunjung yang memarkirkan mobil ataupun sepeda motor mereka disembarang tempat, karena masih ditemui ada pengunjung yang sengaja parkir dijalan yang dilintasi odong-odong dan kareta kuda, sehingga membahayan para wisatan yang menggunakan jasa wisata tersebut. (j/1)